Menu

Mengapa Karang Taruna Kurang Diminati Para Pemuda-pemudi?

Mengapa Karang Taruna Kurang Diminati Para Pemuda-pemudi?

 

KARANG TARUNA 2020

Organisasi Karang Taruna pada hakikatnya adalah sebuah wadah di mana anak-anak muda dapat berkarya untuk menciptakan kesejahteraan sosial khususnya bagi kaum muda. Di beberapa daerah organisasi Karang Taruna cukup eksis berkegiatan sosial dan cukup berdampak. Namun bila ditinjau secara menyeluruh di pelosok Nusantara, Karang Taruna belum merata menjangkit di hati para pemuda-pemudi. Apakah penyebabnya? Pemerintah, dalam hal ini Kementrian Sosial adalah lembaga yang seharusnya cukup bertanggung jawab akan keadaan ini. Di mana peranannya? Sosialisasi mereka kurang merata di Nusantara ini. Memang pengurus Nasional sudah dibentuk sejak lama. Namun sudahkah pengurus di tingkat pusat mensosialisasikannya hingga ke daerah-daerah? Saya merupakan satu dari jutaan kaum muda yang menganggap bahwa wadah ini adalah sarana yang cukup bagus dan tepat. Namun sayangnya organisasi ini kurang dicermati oleh pemimpin-pemimpin mulai dari tingkat kecamatan hingga desa. Kalau pun ada beberapa pimpinan daerah yang cukup concern akan wadah ini, barangkali mereka adalah orang-orang yang punya pengalaman positif akan wadah ini.

Satu keistimewaan akan organisasi ini adalah bahwa organisasi Karang Taruna resmi di bawah Kementrian Sosial. Tidak ditunggangi oleh partai politik mau pun kelompok golongan. Jikalau pemerintah ini serius untuk membangun negeri, tidaklah salah membangun dari sisi sumber daya manusianya. Ketika anak-anak muda dibekali akan pentingnya terlibat dalam organisasi Karang Taruna maka mereka kaum muda akan mendapatkan pendidikan keterampilan yang mana keterampilan yang mereka peroleh kelak bisa menjadi modal untuk bekerja dan berkarya.

Pemimpin yang ada saat ini harus meregenerasi kepemimpinannya mulai saat ini karena tidak selamanya mereka akan memimpin. Maka seharusnyalah pemimpin-pemimpin daerah serius memberikan edukasi organisasi ini kepada masyarakat kaum muda hingga ke tingkat desa.

Muda - Beda - Berkarya 

Ads middle content1

Ads middle content2